Starboy! Debut Spesial Arda Guler di Euro 2024: Gol Indah, Man of the Match, dan Pecahkan Rekor Cristiano Ronaldo


LIGABINTANG Arda Guler menjadi topik pembicaraan hangat berkat performa luar biasa yang ia tunjukkan kala membantu Turki mengalahkan Georgia di Euro 2024. Bintang Real Madrid itu mencetak gol indah dan memecahkan rekor Cristiano Ronaldo.

Turki menghadapi Georgia dalam laga matchday 1 Grup F di Signal Iduna Park, Dortmund pada Selasa (18/6/2024) malam. Keunggulan Turki lewat gol indah Mert Muldur bisa disamakan oleh Georges Mikautadze.

Memasuki babak kedua, Turki kembali memimpin lewat gol indah Arda Guler di menit ke-65. Jelang laga usai atau tepatnya ketika masa injury time berjalan tujuh menit, Kerem Akturkoglu melengkapi kemenangan Turki menjadi 3-1.
Berkat hasil ini, Turki untuk sementara berhak memuncaki klasemen Grup F, unggul selisih gol dari Portugal yang akan menjadi lawan mereka di matchday 2, Sabtu (22/6/2024) mendatang.

Gol Indah Arda Guler

Pelatih Turki, Vincenzo Montella memberi kepercayaan kepada dua wonderkid di timnya, Arda Guler dan Kenan Yildiz untuk turun sebagai starter. Keputusan Montella pun terbukti tepat.

Yildiz sempat mencetak gol pada menit ke-27. Sayang, gol tersebut dianulir oleh VAR karena bintang Juventus itu dianggap sudah berdiri dalam posisi offside.

Selain Yildiz, Arda Guler juga bermain fantastis di lini depan Turki. Pemain yang baru berusia 19 tahun itu mencetak gol lewat tembakan roket dari luar kotak penalti.

Yildiz pun terpilih menjadi pemain terbaik dari laga ini. Bagi Guler, performa ini semakin spesial karena ini merupakan debutnya di turnamen sebesar Euro.

Performa Fantastis Arda Guler

Meski baru berusia 19 tahun, Arda Guler bisa menjadi nyawa serangan Turki di laga ini. Eks pemain Fenerbahce itu bermain selama 79 menit sebelum digantikan Yusuf Yazici.

Selama 79 menit berada di lapangan, Arda Guler tercatat melepas 38 umpan tepat sasaran dari 41 kali percoban. Ia juga lima kali menciptakan peluang, termasuk dua peluang emas.

Selain itu, Arda Guler juga tercatat empat kali memenangi duel dan menciptakan satu gol indah yang berpotensi menjadi gol terbaik turnamen Euro 2024.

Arda Guler Pecahkan Rekor Cristiano Ronaldo

Gol indah ke gawang Georgia membuat Arda Guler berhasil memecahkan rekor debutan termuda yang bisa mencetak gol di pertandingan Euro pertamanya.

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh Cristiano Ronaldo, ketika mencetak gol untuk Portugal di Euro 2024 silam dalam usia 19 tahun dan 128 hari.

Hanya pemain-pemain ajaib yang bisa mencetak rekor semacam itu. Rekor Ronaldo bahkan bertahan dalam lima edisi Euro berbeda, sampai Guler memecahkannya di Euro 2024 ini.

Karier Gemilang Arda Guler

Arda Guler sudah menjalani debut profesional bersama Fenerbahce di usianya yang baru 16 tahun. Setahun kemudian, ia dipercaya mengenakan jersey nomor punggung 10 selepas kepergian Mesut Ozil.

Performa Arda Guler pun semakin mengilap hingga membuat Real Madrid kepincut. Raksasa Spanyol itu akhirnya merekrut Arda Guler pada Juli 2023 dengan biaya awal mencapai 20 juta euro.

Sayang, karier Arda Guler di Real Madrid sedikit terhambat cedera. Namun, ia masih mampu mencetak enam gol dalam 12 penampilan bersama Los Blancos di musim 2023/2024.

Hasil dan Jadwal Grup F Euro 2024

Selasa, 18 Juni 2024

  • 23.00 WIB - Turki 3-1 Georgia (Mert Muldur 25', Arda Guler 65', Akturkoglu 90+7'; Mikautadze 32')

Rabu, 19 Juni 2024

  • 02.00 WIB - Portugal 2-1 Republik Ceko (Hranac 69' (GBD), Conceicao 90+2'; Provod 62')

Sabtu, 22 Juni 2024

  • 20.00 WIB - Georgia vs Republik Ceko - RCTI, Vision+
  • 23.00 WIB - Turki vs Portugal - RCTI, Vision+

Kamis, 27 Juni 2024

  • 02.00 WIB - Georgia vs Portugal - RCTI, Vision+
  • 02.00 WIB - Republik Ceko vs Turki - MNCTV, Vision+

Comments

Popular Posts